Rabu, 09 Maret 2016

judul kkl

LAPORAN KULIAH KERJA LAPANGAN
Sistem Pengelolaan Customer Service Di PT.Omadata Surabaya
Disusun Oleh:
Nama   : Kasmiah  
Nim    : 2013-53-116 
Progdi   : Sistem Informasi
Fakultas  : Teknik
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
KUDUS
2015
JURUSAN SISTEM INFORMASI FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
PENGAJUAN JUDUL LAPORAN KKL
Nama  :  Kasmiah         
NIM  :  2013-53-116     
Bidang Laporan  :  Sistem Informasi      
Judul Laporan   :  Sistem Pengelolaan Customer Service Di
PT.Omadata Surabaya 
Pembimbing   :  R. Rhoedy Setiawan, S.Kom. M.Kom
Dilaksanakan  :  Semester gasal tahun 2015/2016
Kudus, 05 September 2015
Yang Mengusulkan
Kasmiah
Menyetujui :
Koordinator KKL    Pembimbing
Fajar Nugraha, S.Kom. M.Kom R. Rhoedy Setiawan, S.Kom. M.Kom
RINGKASAN
Sistem pengelolaan Customer Service di PT.Omadata Surabaya. Custome Service  merupakan  salah  satu  pelayanan  yang  dipergunakan  oleh  perusahaan untuk  mempercayakan  kepada  pelanggan  dalam  menangani  masalah  ataupun mendata data yang masuk di Omadataa. Pada pelayanan ini bisa di akses melalui website www.omadata.comDengan adanya perusahaan data center, para pelanggan bisa lebih mudah untuk menitipkan datanya dengan mudah.
Kata Kunci; Sistem,pengelolaan,data center dan customer service.
KATA PENGANTAR
Dengan  memanjatkan  puji  syukur  kehadirat Tuhan  Maha  Esa  yang  telah melimpahkan rahmat-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan penulisan Laporan KKL  baik  dalam  bentuk  maupun  isinya  yang  masih  sederhana.  Penyusunan Laporan KKL  merupakan  salah  satu  syarat  untuk  menyelesaikan  program  studi sistem  informasi  S -1  pada  Fakultas  Teknik  Universitas  Muria  Kudus.Serta
sebagai  bahan  studi  penerapan  sistem  informasi  dalam  perusahaan  yang bersangkutan.  Harapan  saya  semoga  laporan  ini  membantu  menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca.  
Atas tersusunnya Laporan KKL ini , penulis mengucapkan banyak terima kasih yang sebesar-besarnya kepada;
1.  Bapak Dr. Suparnyo. SH. MS. Selaku rektor Universitas Muria Kudus.
2.  Bapak Rochmad Winarso, ST. MT. Selaku Dekan Fakultas Teknik Universitas
Muria Kudus.
3.  Bapak  R.  Rhoedy  Setiawan,  S.Kom,  M.Kom.  Selaku  ketua  program  studi Sistem  informasi  S -1  sekaligus  sebagai  pembimbing  1  yang  telah membimbing saya dalam penyusunan Laporan ini.
4.  Bapak Fajar Nugraha, S.kom M.kom. Selaku koordinator KKL Tahun ajaran
2015/2016
5.  Keluarga  dan  teman –  teman  seperjuanngan  yang  senantiasa  memberikan
dukungan dan semangat.Makalah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya masih  kuranng. Oleh karena  itu  saya  harapkan  kepada  para  pembaca  untuk memberikan masukan –masukan yang bersifat membangun untuk kesempurnaan makalah ini.    
Kudus , 05 september 2015
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1.   Latar Belakang
Dengan  semakin  pesatnya  persaingan  antar  perusahaan  maka  semakin besar tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan untuk menjaga data pribadi perusahaan. Salah  satu  cara  yang  dapat  dilakukan  oleh  perusahaan  agar dapat menjaga  data  perusahaan  dengan  baik  adalah  dengan  cara  menitipkan  datanya kepada  sebuah  perusahaan  yang  tempatnya  khusus  untuk  penitipan  data – data pribadi perusahaan.PT.Omadata Surabaya adalah perusahaan yang bergerak dalam di bidang IT,  maka  PT.omadata  menyiapkan  beberapa  hardware  untuk  menempatkan  data tersebut.Sehingga  data  tersebut  tertata  dengan  rapi,  kemudian  bagian  customer service mendata data – data yang masuk dan berapa besar kapasitas data tersebut.PT.Omadata  Surabaya  senantiasa  mengedepankan  pelayanan  kepada pelanggan,maka PT.Omadata Surabaya sebisa mungkin memenuhi keinginan dari pelanggan,apabila  terjadi  kesalahan  sebisa  mungkin  melakukan  penyelesaian keluhan – keluhan yang dialami oleh pelanggannya dengan sebaik mungkin.Dalam menyelesaikan keluhan yang dialami oleh pelanggan,PT.Omadata Surabaya  memiliki  sebuah  mekanisme  penangan  keluhan  yang  dilakukan  tiap –tiap  zona  yang  dibawahi  oleh  PT.Omadata  Surabaya,  dimana  keluhan  tersebut terjadi.Penganan keluhan pelanggan ini dilakukan dengan menggunakan bantuan online misal lewat e-mail, layanan E-mail akan langsung ditangani oleh customer langsung. Customer Service mendata, apabila ada perusahaan yang akan menitipkan datanya kepada PT.Omadata Surabaya.Diharapkan setelah proyek kerja ini selesai, maka  akan  memberikan  kemudahan Customer  Service  PT.Omadata  Surabaya dalam  menangani  keluhan  dan  keinginan  para  pelanggan  serta  memberikan informasi  aktivitas  keluhan  secara  informatif  dan  sopan  bagi  pihak Customer . Service PT.Omadata  Surabaya  sehingga  proses  monitoring  keluahan  pelanggan
lebih mudah.PT.Omadata  Surabaya  menginnginkan  adanya  suatu  sistem  kerjasama antara  pelanggan  dan  pihak  PT.Omadata  Surabaya  dalam  menjalankan  aktivitas penitipan data berjalan dengan baik.
1.2.  Perumusan Masalah
Berdasarkan  latar  belakang  permasalahan  yang  telah  di  uraikan  dia  atas, dapat dirumuskan permasalahan yaitu
1.  Apa yang dimaksud Customer Service?
2.  Bagaimanakah  pelayanan  dari  pengeloloan  Customer  Srvice  Di
PT.Omadata Surabaya ?
3.  Manfaat  apa  yang  di  dapat  para pelanggan  dari  pelayanan  Customer
Service?
1.3.  Batasan Masalah
Laporan  KKL  yan  penulis  susun  ini  mengkhususkan  tentang  bagaiamana sistem pengelolaan Customer Service Di PT.Omadata Surabaya.
1.4.  Tujuan
Laporan ini disusun dengan tujuan sebagai berikut:
1.  Melengkapi tugas  mata  kuliah  KKL  progdi  sistem  informasi  Universitas
Muria Kudus
2.  Memberikan  informasi – informasi  baru  yang  dapat  dipadukan  dengan
kemampuan mahasiswa.
3.  Sebagai  penerapan  ilmu  yang  diperoleh  oleh  mahasiswa  selama
perkuliahan.
4.  Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempelajari dan menganalisa teknologi  yang  digunakan  oleh  lokasi  tujuan  KKL  ,  yakni  PT.Omadata Surabaya provinsi Jawa Timur.

1.5.  Manfaat
Dengan  penyusunan  laporan  ini,  nantinya  bisa  bermanfaat  untuk menambah pengetahuan dan inspirasi bagi mahasiswa jika ingin membuat sebuah instansi IT yang serupa atau bekerjasama.Selain  itu,  penyusunan  laporan  ini  juga  bermanfaat  untuk  memperdalam pemahaman mahasiswa tentang penerapan materi perkuliahan dalam kelas.
1.6.  Tinjauan Pustaka
Lubis,  Aziz,  Farhan  (2014)  dalam  artikelnya  yang  berjudul “pengertian customer Service Lengkap” mengemukakan bahwa Customer Service pelayanan yang  disediakan  oleh  suatu  perusahaan  untuk  melayani  kebutuhan  dan memberikan  kepuasan  kepada  pelangganyang  biasanya  meliputi  penerimaan
order/pesanan  barang,  menjawab  pertanyaan –  pertanyaan  atau  memberikan informasi, dan penanganan keluhan – keluhan ya ng berhubungan dengan produk yang ditawarkan oleh perusahaan yang bersangkutan.
Kasmir  (2003,216)  dalam  artikelnya yang  berjudul  “pengertian  customer service secara umum” mengemukakan bahwa setiap kegiatan yang diperuntukkan atau  ditujukan  untuk  memberikan  kepuasan  kepada  nasabah,  melalui  pelayanan yang dapat memenuhi keinginan dan kebutuhan pelanggan.
Subagyo,  Joko  (2015)  dalam  artikelnya  yang  berjudul  “Definisi  Arti Pengelolaan  Data”  mengemukakan bahwa  pengelolaan  data  merupakan
proses,cara,perbuatan   mengolah  mengolah  semua  keterangan  untuk  keperluan
penelitian yang bersifat teratur (sistematis) dan terencana.
1.7.  Sistematika Penulisan
Untuk  sistematika  penulisan  dalam  laporan  kuliah  kerja  lapangan  ini, penulis  mengacu  pada  pedoman  KKL  Universitas  Muria  Kudus  yang  di  susun dengan ketentuan sebagai berikut:
Bab 1 : Pendahuluan            
Berisi  tentang  Latar  Belakang, Perumusan  Masalah,  Batasan  Masalah,  Tujuan, Manfaat, Tinjaun  Pustaka,  Sistematika  penulisan  “Sistem Pengelolaan  Customer
Service Di PT.Omadata Surabaya”.          
Bab 11 : Landasan Teori            
Berisi  tentang  landasan  teori  yang  dipakai  dalam  pembuatan  Laporan  Kuliah Kerja Lapangan yang berupa definisi – definisi dan pengertian – pengertian, dan hal yang bersangkutan dengan judul dan pembahasan dalam laporan.
Bab 111 : Tinjauan Umum Objek Kunjungan    
Bab  ini  berisi  tentang  objek  kunjungan,  yakni  PT.Omadata  Surabaya  provinsi Jawa Timur.Pada  bab  ini  di  sampaikan  gambaran  secara umum  hal  umum  yang berkaitan dengan PT.Omadata Surabaya Provinsi Jawa Timur yaitu Visi dan Misi, Program  Kerja,  Job  Description,  Letak  PT.Omadata  Surabaya  Provinsi  Jawa Timur.                 
Bab 1V : Pembahasan            
Bab  ini  berisikan  pembahasan  tentang  tema  laporan  yang  telah  penulis  angkat yaitu “ Sisitem Pengelolaan Customer Service Di PT.Omadata Surabaya”.
Bab V : Penutup              
Bab  ini  menjelaskan  tentang  kesimpulan  dari  semua  penjelasan  yang  telah dijelaskan pada laporan ini dan saran yang diberikan penulis oleh pembaca atau pihak yang bersangktan dari permsalahan isi laporan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar